sumber: http://feedproxy.google.com/~r/Strov/~3/f20rqoawtKw/sejarah-musibah-tenggelamnya-kapal.html
Archives
-
▼
2010
(1497)
-
▼
April
(162)
- Foto-foto Kekejaman Perang Rusia Vs Georgia
- Corat-coret Kreative Lulus SMA
- Fasilitas Militer Bawah Tanah Terbesar di Dunia
- Mengungkap Wanita Penghibur Di Kawasan Pantura.
- Inilah Cara Bunuh Diri Paling Populer Di Dunia
- Ular Gigit Manusia Itu Biasa. Tapi, Kalau Melahap ...
- Tips Menghindari Ngupil
- Ditemukan Manusia Yang Hidup Di Bawah Tanah
- Mengungkap Skandal Ayam Kampus Di Indonesia
- Ciri-Ciri Orang Terkena HIV
- Dianiaya Kucing, Tukang Pos Kapok Antar Surat
- Kejadian Mengerikan Yang TerJadi Di Wamena
- Kastil Di Tengah Laut
- Asteroid Mengancam Bumi
- 13 Tipe Perempuan Yang Dibenci Laki-laki
- Usaha-usaha Pencurian Jenazah Nabi Shalallahu ‘ala...
- Abuya Asaari Muhammad Tamimi Klaim Ciptakan Tsunam...
- Seorang Bayi Aneh Yang Punya Mata Melotot .
- Air Terjun Menakjubkan
- Foto Narsis Yang Cukup Gagal...Cekidot
- Mengintip Festival Budaya Sex Di Ghuanzhou Cina
- 5 Tempat Paling Misterius Di Amerika
- Inilah Bahaya Terjadi Akibat Melakukan Aborsi .
- Pose-pose HOT Hewan .
- Pohon Berbentuk Kepala Manusia .
- Nyetrika Bisa Di Mana Saja .
- Jerman Ternyata Pernah Menciptakan Piring Terbang
- Stres Tidak Naik Kelas, Cewek Loncat dari Lantai 4...
- Gairah Seks Wanita Menurut Primbon Jawa
- Momen-momen Lucu Saat Pertanding Tennis
- Foto-foto Gila Dan Konyol
- Ciri-ciri Gay dan Lesbian
- Kumpulan Kata-Kata Gombal Buat Bikin Si Doi Senyum
- Kebesaran Allah - Teks Al-qur'an Pada Kaki Bayi .
- Mitos Dan Fakta Unik .
- Ciri-ciri Wanita Yang Menjadi Idaman Setiap Pria
- Foto Orang Bunuh Diri Terjun Bebas Dari Gedung
- Inilah Foto Terbaru Matahari Tampak Sangat Dekat D...
- Pesan Ghaib Mbah Priok Untuk Gubernur Fauzi Bowo
- Tampilan Rambut Kurang Kerjaan .
- Kenapa super hero nggak mau bantu indonesia??? .
- Bukti Siksa Kubur
- Hal Gila yang Bisa Wanita Lakukan di Facebook
- Seorang Pemuda Bisa Terbang Di Temani Kuntilanak .
- ABG Diperkosa, Dibunuh Kemudian Dibakar
- Foto ABG China Ktangkep NgeSEX di Tempat Umum
- Aneh,kambing mati tetap utuh,hanya darahnya yang d...
- Robot Tempur Buatan Indonesia
- Tikus aneh, punya 5 jari dan bisa menangis
- Markas bawah tanah UFO di Himalaya .
- Cara unik Orang luar Menikmati Banjir !
- 50 Isteri dan Pacar Anggota Militer Telanjang
- Cara Cewe Untuk Tampil Cantik Dadakan
- ternyata ada jalan R.A kartini di Belanda Loh!
- Misteri tentara Persia yang hilang selama 2500 tah...
- Koleksi Photo Kebesaran Alloh SWT
- Hukuman Paling Sadis di Dunia
- 40.000 Perawan Bertelanjang Dada Buat Sang Raja Te...
- 6 Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua
- 20 Hal Mencengangkan Tentang Tubuh Manusia
- Cewe-cewe yang rela bugil demi atlet idolanya
- 19 Kisah Nyata Yang Mencengangkan Dunia
- Hollow Earth Theory - Benarkah Bumi Kita Memiliki ...
- Bumi Punah 60 Tahun Lagi!
- Ratu 4LaY Lagi Curhat
- Bahaya Sandal Jepit
- 9 Penyebab Seseorang Susah Dapat Pacar
- Ketika Anjing Menjadi Kutu Buku
- Sifat Lelaki Dilihat Dari Pipisnya .
- 100 Ramalan Jayabaya
- Adolf Hitler pernah bersembunyi di Indonesia
- Tahi Lalat Mencerminkan Kepribadian Anda
- Artikel Unik Tentang Sejarah RI Artikel Unik Tent...
- Selebritis Dunia yang Diam-diam Sering ke Indonesia
- Tokoh-tokoh dunia yang punya sejarah dengan Indonesia
- 500 Radio Amerika Putar Lagu Slank .
- Presiden Teladan, Presiden Termiskin Dunia .
- Misteri Pasir Penghisap
- 5 Alasan Suami dan Istri Selingkuh
- 11 Mobil Buatan Indonesia yang membanggakan
- Ilmuwan Ungkap Mengapa Gunung Tertinggi Berada di ...
- Awan Misterius Muncul Di Australia
- 10 Tempat Terunik & Aneh di Dunia
- Tahukah Anda??
- Cara Mudah Mendeteksi Kebohongan
- Asal Mula Densus 88 Dan Persanjataannya
- Lembah Kuno Suci Lebanon
- Trend Gaya Rambut Cewek Terbaru 2010
- Foto-foto Rumah Nabi Muhammad SAW
- Rumah Kost Plus-Plus Terselubung
- Kelakuan-kelakuan Aneh Wanita
- Vidio Meteor Menerangi Langit yang Terakam Wiscons...
- 7 Proyek Gila Uni Soviet
- 3 Polisi Anti Suap di Indonesia
- Kembar Siam Langka Di Indonesia
- 10 Negara Berpopulasi Muslim Terbanyak di Dunia
- Foto-foto Kocak dari Seluruh Dunia
- Kisah Nyata Sedih Gadis-gadis Amoy, Singkawan
- Surat Tulisan Tangan Fatimah,Seorang Wanita Yang D...
- Foto Tragedi Kerusuhan Di Makam Mbah Priok
-
▼
April
(162)
Sejarah Musibah Tenggelamnya Kapal Tampomas 2 th1981
Kamis, April 08, 2010 |
Label:
News
KMP Tampomas II
adalah kapal penumpang milik Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) yang
mengalami kebakaran dan tenggelam di sekitar Kepulauan Masalembo di
(114°25′60″BT — 5°30′0″LS) Laut Jawa (termasuk ke dalam wilayah
administratif Provinsi Jawa Timur). Kapal yang dinakhodai oleh Kapten Rivai
ini sedang menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sulawesi dan karam
pada tanggal 27 Januari 1981. Musibah ini menyebabkan matinya ratusan
penumpang kapal tersebut.
KMP
Tampomas II yang semula bernama MV Great Emerald diproduksi tahun 1956.
tergolong jenis Kapal RoRo (Roll On-Roll Off) dengan tipe Screw Steamer
berukuran 6139 GRT (Gross Registered Tonnage) dan berbobot mati
2.419.690 DWT (Dead-Weight Tonnage). Dimodifikasi ulang (Retrofit)
tahun 1971 di Taiwan, Kapal ini berkapasitas 1250-1500 orang penumpang,
dengan kecepatan maksimum 19.5 knot. Memiliki lebar 22 meter dan
Panjang 125,6 meter.
Kapal
ini dibeli oleh PT. PANN (Pengembangan Armada Niaga Nasional) dari
Pihak Jepang, Comodo Marine Co. SA seharga US$ 8.3 Juta. Kemudian PT.
PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) membeli secara mengangsur selama
sepuluh tahun kepada PT. PANN. Berbagai pihak telah heran akan mahalnya
harga kapal ini, mengingat pernah ditawarkan ke Perushaan Pelayaran
Swasta lain hanya seharga US$ 3.6 Juta. Berbagai pihak, termasuk Jepang
sendiri telah menyatakan kapal ini afkir karena telah berumur 25 tahun.
Begitu dioperasikan, kapal penumpang ini langsung dipacu untuk melayani
jalur Jakarta-Padang dan Jakarta-Ujung Pandang yang memang padat.
Setiap selesai pelayaran, kapal ini hanya diberi waktu istirahat selama
4 jam dan harus siap untuk melayani pelayaran selanjutnya. Perbaikan
dan perawatan rutin terhadap mesin dan perlengkapan kapal pun hanya
dapat dilaksanakan sekedarnya saja, padahal mengingat usianya yang
sudah cukup berumur, seyogyanya kapal ini perlu mendapat perawatan yang
jauh lebih cermat.
Namun
dibalik semua kejanggalan itu, kapal ini memulai Pelayaran Perdananya
menuju Ujungpandang pada bulan Mei 1980. Pada pelayaran ini pun, yang
diikuti oleh beberapa anggota DPR, sempat menyaksikan sendiri dan turut
pula mempertanyakan perihal mesin yang sering mengalami kerusakan
selama perjalanan. Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Ahmad Soebagyo
menyebutkan berbagai kejanggalan selama perjalanan diantaranya kapal
yang berputar-putar dalam radius yang sama dikarenakan rusaknya salah
satu Knop Otomatis pengatur mesin kapal, dan dibatalkannya Acara Show
Kapal karena matinya aliran listrik dalam waktu yang lama.
KMP
Tampomas II bertolak dari Dermaga Tanjung Priok hari Sabtu, 24 January
1981 Pukul 19.00 WIB dengan tujuan Ujungpandang, perjalanan seyogyanya
memakan waktu 2 hari 2 malam di atas laut, sehingga diperkirakan hari
Senin, 26 January 1981 Pukul 10.00 WIB akan tiba. Seorang pemandu kapal
menyebutkan bahwa salah satu mesin kapal telah mengalami kerusakan
sebelum bertolak.
Kapal
membawa Puluhan Kendaraan Bermotor termasuk Mesin Giling SAKAI, Skuter
Vespa, dll yang diletakkan di Cardeck. Berdasarkan Data Manifest Kapal
menyebutkan, terdapat 191 Mobil dan 200 Motor di atas kapal. Dalam
Pelayaran tersebut, sebanyak 1055 Penumpang Terdaftar dan 82 Awak Kapal
berada di atas kapal. Estimasi Total Penumpang adalah 1442 termasuk
penumpang gelap.
24
January malam, tidak terjadi apa-apa. Yang terlihat hanyalah awan senja
yang memukau dan pemandangan Laut Jawa yang datar. Namun diakui Ombak
January memang sangat besar dibandingkan di bulan-bulan lain, ombak
setinggi 7-10 meter dengan kecepatan angin 15 knot sangat wajar
terjadi. Di dalam kapal sendiri direncanakan sebuah Acara Show di Bar
Kapal dengan Penyanyi Ida Farida dari Band Kapal.
Namun
berbagai tanda keanehan terjadi, diantaranya dibawakannya Lagu Salam
Perpisahan oleh seorang yang bernama Ferry, yang kemudian tidak
diketahui keberadaannya.
25
January pagi, keadaan berlangsung seperti biasa. Namun, 25 Januari
Malam, sekitar Pukul 20.00 WITA, dalam kondisi badai laut yang hebat,
beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, dan puntung
rokok yang berasal dari ventilasi menyebabkan percikan api. Para kru
melihat dan mencoba memadamkannya menggunakan tabung pemadam portabel,
namun gagal. Api semakin menjalar ke kompartemen mesin karena pintu dek
terbuka. Akibatnya selama 2 jam tenaga utama mati, dan generator
darurat pun gagal (Failure) dan usaha pemadaman pun dihentikan karena
sudah tidak memungkinkan. Ditambah dengan bahan bakar yang ternyata
masih terdapat disetiap kendaraan, menyebabkan api merambat dan
membakar semua dek dengan cepat. 30 menit setelah api muncul, para
penumpang diperintahkan menuju dek atas dan langsung menaiki sekoci.
Namun hal ini berlangsung lambat, karena hanya ada 1 pintu menuju dek
atas. Begitu berada di dek atas, para ABK dan Mualim Kapal tidak ada
yang memberitahu arah dan lokasi sekoci. Beberapa ABK malah dengan
egois menurunkan sekoci bagi dirinya sendiri. Dari 6 sekoci yang ada,
masing-masing hanya berkapasitas 50 orang. Sebagian penumpang nekat
terjun bebas ke Laut, dan sebagian lagi menunggu dengan panik
pertolongan selanjutnya.
Tanggal
26 January pagi, Laut Jawa dilanda hujan yang sangat deras. Api mulai
menjalar ke ruang mesin di mana terdapat bahan bakar yang tidak
terisolasi. Akibatnya pagi hari tanggal 27 January terjadi ledakan di
ruang mesin dan membuatnya penuh oleh air laut. Ruang Propeller dan
Ruang Generator turut pula terisi air laut, yang mengakibatkan Kapal
miring 45 derajat.
Akhirnya
pada siang hari tanggal 27 January 1981 Pukul 12.45 WIB atau Pukul
13.45 WITA (sekitar 30 jam setelah percikan api pertama), KMP Tampomas
II tenggelam ke dasar Laut Jawa untuk selamanya, bersama 288 korban
tewas di Dek Bawah.
Seluruh
penumpang yang terdaftar berjumlah 1054 orang, ditambah dengan 82 awak
kapal. Namun diperkirakan keseluruhan penumpang berjumlah 1442 orang,
termasuk sejumlah penumpang gelap. Tim penyelamat memperkirakan 431
orang tewas (143 mayat ditemukan dan 288 orang hilang bersama kapal),
sementara 753 orang berhasil diselamatkan. Sumber lain menyebutkan
angka korban yang jauh lebih besar, hingga 666 orang tewas.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
JANGAN CUMA LIHAT DOANK GAN!!
TINGGALIN JUGA KOMENTAR KAMU...OKE!?