RSS
MissYouRoseWrites Pictures, Images and Photos

Archives

Q & A : Apakah Hawk MK 209 bisa menciptakan sonic boom ?

Anonymous said...

Di pontianak pada tanggal 20 januari 2010 sekitar pukul 9-10 pagi wib terjadi ledakan seperti bom diangkasa, saya lagi berada didalam kantor sempat kaget beserta teman-teman yang lain. Setelah tanya sana-sini, dikatakan sebelum ledakan terlihat cahaya seperti kilat bewarna merah, kemudian terlihat gumpalan awan tebal berbentuk lingkaran. Ledakan sangat kuat hingga terdengar keseluruh kota, dari koran setempat di dapat pernyataan dari TNI AU bahwa telah terjadi sonic boom dari pesawat tempur jenis Hawk 200 yang sedang latihan. Benarkah Hawk 200 bisa membuat sonic boom di ketinggian 30.000 kaki ?

January 21, 2010 11:18 AM


Jawaban :

Sonic Boom adalah sebuah gelombang kejut yang dihasilkan oleh pesawat atau objek lain yang bergerak dengan kecepatan supersonic. Gelombang kejut ini juga akan terdengar dalam bentuk suara ledakan. Sedangkan Istilah supersonic merujuk kepada kecepatan yang melebihi kecepatan suara.

Jika sebuah pesawat bergerak sama dengan kecepatan suara, maka kecepatan pesawat itu disebut Mach 1. Jika ia terbang dua kali kecepatan suara, maka kecepatannya disebut Mach 2. Jika pesawat bergerak dengan kecepatan Mach 5 keatas, maka kecepatan itu disebut Hypersonic.



 


Pesawat yang dimiliki oleh TNI AU di Pontianak (Lanud Supadio) adalah pesawat jenis Hawk MK 209, salah satu varian dari Hawk 200 (bukan skyhawk 200). Ini dikonfirmasi oleh website resmi TNI AU. Pesawat ini hanya memiliki kecepatan terbang Maksimal 1.019 km/jam atau 633 mil/jam.

 



Pada suhu normal, sekitar 20 derajat celcius, gelombang suara bergerak dengan kecepatan sekitar 343 meter/detik atau 768 mil/jam atau 1.236 km/jam. Jadi untuk menciptakan sonic boom, sebuah pesawat harus bergerak melebihi kecepatan ini.

Pada ketinggian 30.000 kaki temperatur udara menjadi lebih rendah. Temperatur yang rendah membuat kecepatan suara menjadi lebih lambat. Mach 1 pada ketinggian ini hanya berkisar pada 670 mil/jam. Tapi itu tidak berarti sonic boom bisa lebih mudah tercipta. Hal ini dikarenakan temperatur yang rendah ini akan membengkokkan gelombang suara ke atas.

Jadi supaya sonic boom bisa terdengar sampai ke bumi, maka pesawat tersebut harus terbang di atas kecepatan Mach 1 lebih dari biasanya. Misal, pada ketinggian 30.000 kaki, kecepatan suara adalah 670 mil/jam, namun supaya suara sonic boom bisa terdengar ke bumi, maka pesawat tersebut harus bergerak dengan kecepatan 750 mil/jam atau Mach 1,12.

Kecepatan ini melebihi kecepatan maksimal Hawk 209 yang cuma 633 mil/jam.

Jadi, menurut saya, pesawat Hawk 209 tidak bisa menciptakan sonic boom.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN CUMA LIHAT DOANK GAN!!
TINGGALIN JUGA KOMENTAR KAMU...OKE!?

Related Posts with Thumbnails

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget