RSS
MissYouRoseWrites Pictures, Images and Photos

Archives

Sifat Timbal Balik dalam Cinta

Wanita membutuhkan perhatian, pria membutuhkan kepercayaan.
MUDAH bagi wanita memberikan apa yang dibutuhkan pria, dan melupakan bahwa kesukaan pria barangkali membutuhkan sesuatu yang lain. Kaum pria cenderung memusatkan perhatian pada kebutuhan-kebutuhan wanita, tapi lupa bahwa jenis cinta yang dibutuhkan wanita tidak selalu cocok.

Perbedaan jenis cinta di mata pria dan wanita memang bersifat timbal balik. Jika ingin mengetahuinya lebih dalam, Berikut ini ulasan John Gray PhD lewat bukunya Men are from Mars, Women are from Venus yang patut Anda simak.


Wanita membutuhkan perhatian, pria membutuhkan kepercayaan

Pria dapat memperlihatkan minat terhadap perasaan-perasaan wanita dan menunjukkan kepedulian mendalam akan kesejahteraan wanita. Maka si wanita akan merasa istimewa dengan cara yang penuh cinta, pria itu berhasil memuaskan kebutuhannya. Tentu saja si wanita makin memercayainya. Rasa percaya ini membuatnya lebih terbuka dan lebih mudah menerima.

“Bila wanita menunjukkan sikap terbuka dan mudah menerima terhadap pria, pria itu merasa dipercaya. Memercayai pria berarti meyakini bahwa ia melakukan yang terbaik dan pria tersebut menginginkan yang terbaik bagi pasangannya,” papar John Gray.

Bila reaksi-reaksi si wanita mengungkapkan kepercayaan positif terhadap kemampuan dan niat pria, kebutuhan cinta utama pria itu pun terpuaskan. Otomatis pria itu jadi lebih penuh cinta dan perhatian terhadap perasaan-perasaan dan kebutuhan si wanita.

Wanita membutuhkan pengertian, pria membutuhkan penerimaan

Bila pria mendengarkan tanpa menghakimi, melainkan dengan empati dan pendekatan terhadap wanita yang sedang mengungkapkan perasaan-perasaannya, wanita itu merasa didengarkan dan dipahami.

Sikap penuh pengertian tidak berarti mengetahui pikiran atau perasaan seseorang, melainkan berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang didengar, dan bergerak untuk membenarkan apa yang disampaikan. Semakin terpenuhi kebutuhan wanita untuk didengarkan dan dimengerti, semakin mudah baginya untuk memberi penerimaan yang dibutuhkan pasangannya.

John turut menjelaskan, bila wanita dengan penuh cinta menerima pria tanpa berusaha mengubahnya, pria itu merasa diterima. Sikap menerima itu tidak menolak, melainkan menegaskan bahwa pria itu diterima dengan gembira.

“Ini tidak berarti si wanita yakin pria itu sempurna, melainkan memperlihatkan bahwa ia tidak mencoba memperbaiki pria itu. Ia memercayai si pria untuk membuat perbaikan-perbaikan sendiri,” jelasnya.

Setelah merasa diterima, lebih mudah bagi pria untuk mendengarkan dan memberi wanita pemahaman yang dibutuhkan dan layak diterimanya.
 
Wanita membutuhkan rasa hormat, pria membutuhkan penghargaan

Wanita merasa dihormati bila pria menanggapinya dengan mengakui dan mengutamakan hak-hak, harapan, dan kebutuhan-kebutuhannya.

“Bila tingkah laku pria itu mempertimbangkan pikiran-pikiran dan perasaannya, wanita tersebut pasti merasa dihormati. Ungkapan-ungkapan rasa hormat fisik dan nyata, misalnya dengan memberi bunga dan mengingat ulang tahun, sangat penting untuk memuaskan kebutuhan cinta utama nomor tiga pada wanita. Bila wanita merasa dihormati, jauh lebih mudah baginya  untuk memberi suaminya penghargaan yang layak diterimanya,” ungkap John.

Bila wanita mengakui telah menerima manfaat dan nilai pribadi dari usaha-usaha dan tingkah laku pasangan, si pria pun jadi merasa dihargai. Penghargaan merupakan reaksi alami terhadap perasaan didukung.

“Setelah merasa dihargai, pria tahu usahanya tidak sia-sia. Dengan demikian ia didorong untuk memberi lebih banyak. Pria yang merasa dihargai secara otomatis lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghormati pasangannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN CUMA LIHAT DOANK GAN!!
TINGGALIN JUGA KOMENTAR KAMU...OKE!?

Related Posts with Thumbnails

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget