RSS

Archives

Oxytocin Spray, Cara Wanita Bikin Pria Lebih Sensitif

Para peneliti menemukan zat kimia di dalam oxytocin spray (semprotan oksitosin) atau dijuluki “cuddle chemical” sebagai bahan kimia yang dapat membuat hubungan lebih intim.
BERHARAP rasa peduli suami lebih sering muncul? Para ilmuwan memiliki temuan untuk keinginan tersebut. Hanya dengan semprotan, pria dapat mencintai dan merasa selaras dengan perasaan pasangannya.

Hanya dengan semprotan, pria bisa menjadi sensitif, sekalipun ia adalah pria paling macho. Para peneliti menemukan zat kimia di dalam oxytocin spray (semprotan oksitosin) atau dijuluki “cuddle chemical” sebagai bahan kimia yang dapat membuat hubungan lebih intim. Spray ini didasarkan pada oksitosin—hormon alami tubuh yang terlibat dalam seks, ketertarikan seksual, kepercayaan, dan keyakinan.

Dalam salah satu fungsinya, hormon ini dilepaskan ke dalam darah selama persalinan, memicu produksi susu yang membanjiri otak selama ibu menyusui bayinya. Demikian menurut sebuah penelitian yang okezone lansir dari Daily Mail, Jumat (30/4/2010).

Dalam bentuk semprotan, ternyata alat ini bisa membuat perasaan pria sepeka wanita. The Cambridge dan ilmuwan Jerman memberi semprotan mengandung oksitosin ini kepada 24 pria sehat. Sementara 24 pria lainnya menerima placebo (efek tiruan/sugestif). Mereka diperlihatkan beberapa foto gadis menangis, seorang anak yang tengah memeluk anak kucing, dan seorang pria kulit hitam. Kemudian, mereka diminta untuk menggambarkan tingkat empati yang dirasakan ketika melihat gambar-gambar tersebut.

“Kelompok pria yang disemprotkan oksitosin menunjukkan tingkat emosional berupa empati lebih tinggi daripada kelompok pria yang telah diberikan placebo,” kata Dr Rene Hurlemann dari Friedrich-Wilhelms University of Bonn.

Bahkan ia menambahkan, para pria telah mencapai tingkat sensitivitas yang biasanya ditemukan pada wanita. Temuan ini meningkatkan kemungkinan bahwa wanita bisa menggunakan semprotan oksitosin untuk menggoda pasangannya dengan sisi feminin mereka. Di sisi lain, tidak jelas berapa lama efek dari semprotan berakhir.

"Semprotan ini membuat para pria mencapai tingkat sensitivitas yang ditunjukkan wanita—itu bisa jadi hal baik atau buruk, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya. Bagi banyak wanita, Anda bisa mengatakan ini adalah berkah untuk membuat pria lebih berempati seperti mereka. Di sisi lain, saya tidak yakin ini dapat digunakan untuk pria agar memiliki empati,” kata Dr Kendrick dari Babraham Institute di Cambridge.

Dalam eksperimen lainnya yang juga dilaporkan dalam Journal of Neuroscience, pria harus menjawab pertanyaan sederhana di komputer. Jika mereka mendapatkan jawaban yang benar, maka akan muncul wajah tersenyum di layar, dan sebaliknya, jika mereka salah maka yang akan muncul wajah cemberut. Hasilnya, para pria yang diberikan semprotan oksitison lebih tinggi merespon pujian dari wajah bahagia.

Meskipun telah banyak oksitosin dipelajari, ini adalah pertama kalinya oksitosin menjawab keraguan untuk membuat pria lebih sensitif. Diperkirakan hormon ini sangat berhaga untuk pengobatan autisme, skizofrenia, dan kondisi lain yang ditandai dengan kesulitan membaca emosi.

Oxytocin spray dapat dibeli melalui internet untuk berbagai penggunaan. Namun, para ahli mempertanyakan apakah semua merek sama-sama efektif. Penggunaan semprotan oksitosin sebaiknya tidak untuk wanita hamil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN CUMA LIHAT DOANK GAN!!
TINGGALIN JUGA KOMENTAR KAMU...OKE!?

Related Posts with Thumbnails

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget