RSS

Archives

Apakah Burung Garuda Itu Ada ?????Lambang Indonesia..


Sebenarnya lambang Negara kita Garuda itu terinspirasi dari mana ?? Apakah memang ada Burung yang di namakan Garuda itu ??

Yok disimak penjelasannya disini...!!!


Spoiler for Lambang Negara:

Burung garuda terdapat dalam lukisan di candi-candi Dieng yang dilukiskan sebagai manusia berparuh dan bersayap, lalu di candi Prambanan, dan Panataran berbentuk menyerupai raksasa, berparuh, bercakar dan berambut panjang.

Garuda itu adalah seekor burung yang hidup dalam dunia khayalan, terutama dalam perwayangan.Sehingga banyak yang menggunakannya dalam berbagai kegiatan'karena garuda bebas bisa terbang ke mana saja.

Beberapa kerajaan di pulau jawa menggunakan Garuda sebagai materai/stempel kerajaan, seperti yang disimpan di Musium Nasional, adalah stempel milik kerajaan Erlangga.

sultan_abdul_hamid2-01 Burung Garuda ditetapkan sebagai lambang Negara RI sejak diresmikan penggunaannya pada 11 Februari 1950, dan dituangkan dalam Perautan Pemerintah no 66 tahun 1951. Penggagasnya adalah Sultan Abdurrahman Hamid Alkadrie II atau dikenal dengan Sultan Hamid II, yang
saat itu sebagai Mentri Negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
sumber biar lebih lengkap : Disini





SEJARAH GARUDA
SUMBER DARI WIKIPEDIA
Spoiler for mitos Garuda:

Garuda adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa. Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.
Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.
Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.
Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.



Merujuk Pada kisah diatas, Karena semua yang ada di kitab-kitab itu biasanya terinspirasi dari benda-benda nyata. Sama kaya tokoh wayang, fiktif semua, tapi idenyakan sosok manusia yang nyata.

Lalu benarkah Burung Garuda itu ada ?? jawabannya iya burung garuda memang ada. Tidak fiktif. Tetapi banyak orang beranggapan Garuda adalah Elang Jawa atau Manuk Dadali di sunda (atau bahasa kerennya falcon), ternyata jenis yang dimaksud tadi itu bukan garuda, tapi rajawali karena ukurannya tidak besar ( Elang dengan ukuran sedang ).
Spoiler for Elang Jawa:
Elang Jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.



Sangat Mirip Lambang Negara Indonesia ukuran lebih kecil dari Elang Irian


Burung garuda di dunia cuma ada beberapa jenis.

Yaitu Garuda Harpy (Harpy artinya dewi badai) di Amerika Selatan ada 4 jenis.
Spoiler for Harpy eagle:


Garuda Pemangsa Monyet di Philipina dan Garuda Pemangsa Kanguru di Irian atau Papua Barat dan Papua Nugini.
Spoiler for Philipine Eagle:

Spoiler for Garuda Irian:

Spoiler for Garuda Papua:

Mereka Hampir sama Jenisnya, Garuda Irian mirip dengan Lambang negara Indonesia dari segi besarnya.Philippine Eagle female rata-rata sekitar 102 cm panjang dan berat sekitar 7 kilogram . sedangkan male adalah sekitar 10 sampai 20% lebih kecil dan rata-rata di sekitar 91 cm dan 5 kilogram. The Philippine Eagle adalah terbesar di dunia dalam hal panjang. bentang sayapnya mencapai 2 meters (6.6 ft).

Garuda Irian Mirip ga ya sama Lambang Negara Kita??

Garuda Haast (Harpgornis morei) yang terbesar, pemangsa burung Moa dan suka mamangsa manusia dari suku maori di New Zealand. Garuda yang ini, ’baru saja’ musnah sekitar 1.000 tahun yang lalu. “Hokioi” demikian orang Maori menyebut Garuda New Zealand.

Garuda Haast bisa jadi merupakan burung terbesar yang pernah hidup, dengan rentang sayap mencapai 8-10 kaki (sedangkan Elang Emas betina (Golden Eagle) memiliki rentang sayap 8 kaki) dengan berat 33 pon atau sekitar 16 kg.

Spoiler for Garuda Haast :


Model pajangan di Te Papa tentang Elang Haast yang sedang menyerang seekor moa dengan kuku-kukunya yang tajam.


DAN TERNYATA BURUNG GARUDA…
BUKAN CUMA LAMBANG NEGARA INDONESIA AJA
TAPI LAMBANG NEGARA THAILAND JUGA



Indonesia


Thailand

garuda, bahasa ilmiahnya = elang jawa, gw baca di National Geographic. cuma beda Bahasa Eagle=Elang=Garuda.Tapi ada yang bilang Elang jawa ukurannya lebih kecil dari Elang Irian, Elang jawa=Rajawali, Elang Irian = Garuda. Intinya sih sama aja hanya beda bahasa dan ukuran bentuk tubuhnya.Silahkan lihat Gambar lebih mirip yang mana ??.


garuda, dalam mitologi = kendaraan Dewa Wisnu, nama panggilannya Jatayu.

kenapa di Asia Tenggara banyak simbol Garuda ? karena Asia Tenggara adalah arah persebaran kebudayaan Hindu India, mitologi ttg garuda juga kebawa.

garuda pertama kali muncul dlm sejarah Indonesia, jaman Kerajaan Kediri (10 M), di pake sbg simbol kerajaan juga. Ini jadi inspirasi the Founding Father of Indonesia utk pakai burung ini.


Garuda dalam berbagai versi :
Spoiler for versi garuda yang lain:


Demikian kisah Lambang Negara Burung Garuda semoga menambah wawasan. 











*kaskus

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN CUMA LIHAT DOANK GAN!!
TINGGALIN JUGA KOMENTAR KAMU...OKE!?

Related Posts with Thumbnails

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget